12 Ciri Ciri Ayam Jago Yang Hebat

stationqq
Agen Judi Online

12 Ciri Ciri Ayam Jago Yang Hebat

Memilih ayam jago berkualitas memang bukan perkara mudah. Ada banyak pertimbangan yang perlu dilakukan untuk menentukan layak tidaknya seekor ayam dipelihara dan dijadikan jagoan. Selain dapat dilihat langsung dari gaya dan teknik bertarungnya, ayam jago berkualitas juga dapat diidentifikasi langsung dari beberapa ciri kenampakan fisik misalnya dari kaki Adu Ayam Jago tersebut.

Kali ini, kami akan membahas tentang ciri-ciri kaki ayam jago berkualitas yang layak menjadi indikator dalam mempertimbangkan dan memilih ayam terbaik untuk dijadikan jagoan laga. Indikator kaki ayam jago berkualitas yang dapat digunakan misalnya bentuk paha, lutu, jari, sisik, tulangan, tumit, pergelangan kaki, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, silakan di baca untuk anda pecinta ayam :

1. Bentuk Paha Ayam jago kelas jawara umumnya memiliki paha yang bentuknya pipih atau gepeng jika dilihat dari depan. Bentuk paha yang menyerupai paha belalang ini menunjang ayam jago agar luwes dalam bergerak dan melakukan manuver serangan dan pukulan di udara. Sebaliknya, kaki ayam jago dengan paha membulat umumnya akan sulit bergerak dan memiliki pukulan dengan teknik yang monoton.

2. Otot Paha Paha yang gepeng memang merupakan salah satu ciri kaki ayam jago berkualitas, namun bukan berarti otot dari paha tersebut harus kecil. Otot paha ayam jago yang berkualitas haruslah padat, besar dan kuat. Otot yang demikian umumnya terlihat nongol jika paha dilihat pangkalnya dari samping. Otot paha ayam yang besar sangat menunjang kekuatan ayam dalam bermanuver. Bila Anda ingin memiliki ayam dengan otot paha yang besar, Anda bisa melakukan latihan lari dan berenang serta teknik latihan lainnya.

3. Lutut Kaki Bagian kaki ayam jago yang satu ini memang jarang diperhatikan oleh para pehobi ayam ketika akan memilih atau membeli ayam jago kesayangannya. Padahal lutut sangat menopang ayam jago saat melakukan gerakan melompat. Lutut kaki ayam jago yang terlihat sedikit menekuk ketika sedang berdiri umumnya akan mampu membuat ayam jago melompat lebih tinggi. Selain itu, lutut yang demikian juga dapat membantu meluweskan gerakan ayam dalam menghindari pukulan lawan.

4. Warna Kaki Warna kaki juga bisa menjadi salah satu ciri ayam jago berkualitas. Ayam jago istimewa umumnya memiliki warna kaki tembus yang sama dengan warna paruh dan warna yang mengitari kornea matanya. Warna kaki ayam yang tembus umumnya menjadi penanda bahwa ayam tersebut memiliki tingkat fokus yang tinggi, kepercayaan diri yang baik, dan bermental tangguh.

5. Ukuran Kaki Ukuran kaki ayam jago berkelas umumnya akan sebanding dengan ukuran badannya. Tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar. Kaki yang lebih besar dari ukuran badannya akan membuat ayam mengalami kesulitan saat bergerak, sedangkan kaki yang lebih kecil dari ukuran badannya akan sangat riskan jika beradu dengan kaki lawan yang berukuran lebih besar.

6. Pergelangan Kaki Ukuran pergelangan kaki ayam juga bisa menjadi indikator tingkat kekuatan pukulannya. Pergelangan kaki bagian bawah yang ukurannya lebih besar dari bagian tengah dan bagian atas umumnya akan menghasilkan pukulan yang kuat. Prinsipnya sama seperti tongkat pemukul bola kasti, semakin besar di bagian ujungnya, semakin jauh bola akan terlempar.

7. Bentuk Tulangan Kaki Ada 2 jenis bentuk tulangan kaki, yaitu bentuk membulat dan bentuk persegi (lekukan terlihat jelas). Kedua jenis bentuk tulangan ini sebetulnya tidak bisa menjadi patokan kekuatan pukulan ayam, karena mereka memiliki kelebihannya masing-masing. Tulangan ayam yang membulat seperti batang rotan umumnya akan menghasilkan pukulan yang menyakitkan lawan, sedangkan tulangan yang berbentuk persegi akan terlihat sangar dan keras.

8. Bentuk Jari Jari ayam yang panjang, agak kecil, dan meruncing akan menghasilkan luka yang dalam dan pedih saat mengenai wajah atau kepala ayam lawan. Sedangkan ayam dengan jari pendek, membulat dan ukurannya besar tidak akan efektif melukai bagian tubuh lawan. Oleh karena itu pastikan ciri kaki ayam jago berkualitas satu ini juga menjadi perhatian khusus bagi Anda.

9. Tumit Kaki Telapak kaki atau tumit ayam jago yang tebal berdaging tidak akan menghasilkan pukulan yang menyakitkan, sama seperti pukulan orang yang menggunakan sarung tinju. Oleh karena itu, jangan pernah memilih ayam dengan kenampakan tumit yang demikian.

10. Jenis Sisik Kaki Sisik kaki ayam jago ada 2 jenis, yaitu sisik kering dan sisik basah. Sisik kering yang umumnya tampak mengkerut akan sangat membantu ayam jago dalam menghindari kesakitan saat mengalami benturan, sedangkan sisik basah tidak efektif digunakan sebagai tameng tulangan kaki. Akan tetapi, Anda tidak perlu mengkhawatirkan ciri sisik ini, karena sisik basah bisa berubah menjadi keras ketika usia ayam jago semakin menua atau karena beberapa perlakuan tertentu.

11. Susunan Sisik Sisik kaki dan jari ayam jago yang tersusun rapi merupakan pertanda syaraf motorik dan aliran darah di bagian kaki ayam berfungsi dengan baik. Ini memungkinkan ayam dapat bergerak dengan lancar, serasi, dan tidak kagok ketika menghadapi lawannya di kalangan. Lebih lengkap mengenai ciri sisik kaki ayam jago yang baik.

12. Taji Taji merupakan alat tarung utama bagi ayam jago tipe pukul. Ayam jago super umumnya memiliki taji yang letaknya agak sedikit ke bawah mendekati daerah sekitar pangkal tumit. Antara taji kiri dan kanan juga harus seimbang letaknya. Selain itu, akan lebih baik lagi jika letak kedua taji tersebut segaris dengan jari belakang. Taji dengan kriteria ini akan lebih efektif untuk mengenai pukulan lawan, tentunya jika ditunjang dengan teknik permainan yang baik.

Nah, demikianlah beberapa ciri kaki ayam jago jawara yang dapat menghasilkan pukulan mati. Semoga pembahasan ini dapat dengan mudah dimengerti dan dapat dijadikan pedoman bagi Anda dalam memilih ayam jago kesayangan Anda. Semoga bermanfaat. Salam pecinta ayam jago!